Skip to main content

Resensi Buku: Handle with Care (Sentuh dengan Hati-hati)


Terkadang kau harus menjadi ibu yang buruk demi menjadi ibu yang baik."

Kalimat tersebut tertulis di cover depan buku terjemahan Handle with Care yang oleh Jodi Picoult. Handle with Care terbit pada tahun 2009 dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan diterbitkan pada tahun 2014 oleh Gramedia Pustaka Utama. Handle with Care diterjemahkan dengan judul Sentuh dengan Hati-hati. Buku ini diterjemahkan oleh Ariyantri Eddy Tamam.

Sentuh dengan Hati-hati menceritakan tentang kisah nyata sebuah keluarga dengan salah satu anggota keluarga yang mengidap Osteogenesis Imperfecta atau OI tipe III. OI adalah sebuah penyakit tulang rapuh atau sejenis gangguan struktur tulang.

Dalam penulisan kisah ini, Jodi Picoult melakukan riset pada para orangtua yang memiliki anak pengidap OI. Bahkan ia mengikuti konvensi tentang penyakit ini. Dalam kisah yang ditulis, sang penulis menyamarkan nama-nama akan tetapi dengan peristiwa yang nyaris sama.

Buku dengan tebal 637 halaman ini mengisahkan bagaimana seorang ibu Charlotte O'Keefe, ayah Sean O'Keefe, dan kakak Amelia O'Keefe yang hidup dengan penuh kehati-hatian bersama salah satu anggota keluarga mereka yang mengidap OI, Willow O'Keefe. Bagaimana kekuatan itu lebih daripada sekadar ukuran stamina fisik bagi mereka.

Rangkaian cerita Sentuh dengan Hati-hati dibuat tidak seperti cerita dengan bentuk bab per bab. Akan tetapi dibuat dengan cerita pengalaman masing-masing karakter tentang apa yang mereka alami pada saat bersama Willow, seperti sebuah diary. Namun meskipun demikian, struktur umum layaknya sebuah cerita novel tetap ada dalam buku ini. Pembaca dibawa merasakan pada tiap peristiwa yang dialami oleh tokoh-tokoh dalam cerita ini pada saat bersama anak yang mengidap OI.

Dari segi cerita dengan ketebalan halaman yang lumayan banyak memang terasa membosankan dengan konflik yang terbilang biasa saja. Namun menjadi sedikit menarik untuk dibaca karena di dalamnya terdapat banyak istilah kedokteran dan yang lainnya yang bisa menambah wawasan saya. Seperti kata:
  • Pamidromate = Obat untuk mengobati kadar kalsium darah yang tinggi dan masalah tulang tertentu.
  • Spica = Bintang yang paling terang pada rasi bintang Virgo
  • Skoliosis = Kelainan pada rangka tubuh yang berupa kelengkungan tulang belakang.
  • Lysistrata = Sebuah karya dari Aristophanes yang mengisahkan kaum perempuan yang membawa semangat feminisme ditengah ancaman perang Athena dan Sparta.
  • Fibrotis sistik = Penyakit genetika yang menyebabkan lendir-lendir di dalam tubuh menjadi kental dan lengket sehingga menyumbat berbagai saluran, terutama saluran pernapasan dan pencernaan.
  • Sonogram = Rekaman atau gambar yang dihasilkan dari pemeriksaan ultrasonik.
  • Fraktur = Setiap retak atau patah pada tulang yang utuh atau terputusnya kontinuitas tulang. 
  • Resutisasi = Tindakan untuk menghidupkan kembali atau memulihkan kembali kesadaran seseorang.
  • Faktur Fremur = Patah, retak, atau cedera himpitan tulang paha.
  • Tibia = Satu dari dua tulang yang lebih besar dan lebih kuat yang berada di bawah lutut pada vertebrata, yang menghubungkan lutut dengan tulang pergelangan kaki.
  • Kompresi vertebra = Patah tulang pada tulang belakang.
  • Fibula = Sebuah tulang lutut yang terletak di bagian lateral dari tibia, dan tulang Fibula terhubung dengan tibia di bagian atas dan bawah.
  • Ulna = Tulang panjang di bagian lengan medial lengan bawah. Terletak sejajar dengan tulang pengumpil.
  • Klavikula = Tulang panjang yang dimodifikasi memiliki dua kurva.
  • Scapula = Tulang belikat. Tulang yang menghubungkan tulang lengan atas dan tulang selangka.
  • Sternum = Tulang dada. Tulang tipis berbentuk pisau yang terletak di sepanjang garis tengah tubuh manusia.
  • DIC (Koagulasi Intravaskular Diseminata) = Nama sebuah penyakit.
  • Amniosentesis = Tes untuk mengetahui kelainan genetik pada bayi dengan memeriksa cairan ketuban atau cairan amnio.
  • Endokardium = Lapisan terdalam dari jaringan jantung yang melapisi rongga dan katup jantung.
  • Abdomen = Istilah yang digunakan untuk menyebut bagian dari tubuh yang berada di antara thorax atau dada dan pelvis di hewan mamalia dan vertebrata.
  •  Hidronefrosis = Pembengkakan ginjal yang disebabkan oleh akumulasi urin dalam ginjal.
  • Echogenic Bowel = Jenis ultrasound markers yang juga berpeluang muncul pada pemeriksaan USG.
  • Gestational Trophoblastic Neoplasia = istilah kolektif untuk penyakit trofoblas gestasional yang menyerang secara lokal atau bermetastasis.
  • Tranduser = Suatu alat yang dapat mengubah suatu bentuk energi ke bentuk energi lainnya.
  • Fetus = Mamalia yang berkembang setelah fase embrio dan sebelum kelahiran.
  • Wormian = Tulang kecil yang terbentuk dalam jahitan dari pusat terisolasi osifikasi antara komponen utama dari kubah tengkorak.
  • Torso = Batang tubuh atau merupakan bagian dari tubuh manusia beserta anggota badan yang terpasang.
  • Prognosis = Ramalan tentang peristiwa yang akan terjadi, khususnya yang berhubungan dengan penyakit atau penyembuhan setelah operasi.
Bukan hanya itu, beberapa resep masakan menjadi bagian dalam cerita Sentuh dengan Hati-hati. Bebeberapa kutipan pun cukup menarik untuk dibaca dan diresapi maknanya. Diantaranya adalah:

Dan apakah kau mendapatkan yang kau inginkan dari hidup? 
Aku dapat. 
Dan apa yang kau inginkan? 
Menyebut diriku yang tercinta, untuk merasa diriku dicintai di dunia ini." - Raymond Carver, Late Fragment -

Banyak benda akan patah, termasuk hati. Pelajaran tentang kehidupan bukan menghasilkan kebijakan, akan tetapi parut dan kalus." - Wallace Stegner, The Spectator Bird - 

Nilai:★★★★/5

Comments

Popular posts from this blog

Ulasan Film: Sadak 2

Sadak 2 merupakan sekuel film India Sadak yang rilis tahun 1991 dibintangi oleh Sanjay Dutt. Ia pun kembali menjadi pemain utama di Sadak 2. Selain Sanjay Dutt, Sadak 2 dibintangi oleh Alia Bhatt dan Aditya Roy Kapur. Film yang menuai kontroversi sejak perilisan trailernya dengan dislike terbanyak sepanjang sejarah film India ini mengisahkan tentang seorang gadis, Aryaa Desai (Alia Bhatt), yang harus melakukan perjalanan ke Kailash demi memenuhi keinginan mendiang ibunya. Dengan menyewa jasa taksi yang sudah Aryaa pesan beberapa waktu sebelumnya yang mana pemiliknya adalah Ravi  Kishore (Sanjay Dutt). Bersama kekasihnya, Vishal Thakur (Aditya Roy Kapur), Aryaa menjalankan misinya yang pastinya tak mulus. Perebutan harta kekayaan dan kepercayaan agama dengan aliran tertentu adalah isu yang diangkat dalam film berdurasi selama dua jam enam belas menit ini. Hal itu dikuatkan dengan baris kalimat: Tak ada bisnis yang lebih besar daripada bisnis tuhan . Terlepas dari kontroversi film ini, d

Ulasan Film: Blok M (1990)

Blok M merupakan film drama remaja Indonesia tahun 1990. Film ini disutradarai oleh Eduard Pesta Sirait dan ditulis oleh Helmy Yahya yang juga menjadi salah satu pemain pendukung dalam film ini. Film Blok M dibintangi oleh Desy Ratnasari , Paramitha Rusady Nia Lavenia, Lenny Marlina, Chris Salam, Torro Margen, dan masih banyak lagi. Paramitha Rusady meraih nominasi sebagai Aktris Pendukung Terbaik pada ajang Festival Film Indonesia tahun 1990 atas perannya di film ini. Blok M mengisahkan tentang kehidupan remaja SMA Jakarta yang senang hang out dan menghabiskan waktu setelah sekolah di mall Blok M dan lintasan melawai. Lola (Desy Ratnasari), seorang remaja SMA yang memiliki genk bersama 3 temannya, Widya (Nia Lavenia), Uyun, dan Winda. Lola yang selalu kesepian karena kedua orangtuanya yang sibuk selalu menghabiskan waktunya di Blok M bersama genk-nya yang sangat kompak dan solid hanya untuk bersenang-senang. Berbeda dengan Lola, Cindy (Paramitha Rusady), yang juga teman satu

The Mentalist (2008-2015)

The Mentalist adalah judul TV Series polisi (detektif pembunuhan) Amerika yang tayang dari September 2008 sampai Februari 2015. Tayang dari Season 1 sampai season 7 dengan jumlah episode sebanyak 151. Tayang dari Season 1 sampai season 7 dengan jumlah episode sebanyak 151. Season 1 berisi 23 episode, season 2 berisi 23 episode, season 3 berisi 24 episode, season 4 berisi 24 episode, season 5 berisi 22 episode, season 6 berisi 22 episode, dan season 7 berisi 13 episode. The Mentalist adalah TV series drama misteri polisi Amerika. TV Series ini diciptakan oleh Bruno Heller yang juga menjadi Eksekutif Produser. Cerita The Mentalist ditulis oleh beberapa penulis yang berbeda (7 penulis), dan juga disutradarai oleh orang yang berbeda-beda (6 penulis), salah satunya disutradarai oleh pemain utama serial ini, Simon Baker. Aktor inti TV Series ini adalah: Simon Baker sebagai Patrick Jane (Konsultan) Robin Tunney sebagai Teresa Lisbon (Agen CBI/FBI) Tim Kang sebagai Kim