Skip to main content

Ulasan Film: The Rake (2018)



The Rake merupakan film horor thriller Amerika. Film yang berdurasi 1 jam 18 menit ini disutradarai oleh Tony Wash, dan ditulis oleh Jeremy Silva dan Tony Wash. The Rake rilis pada 5 Juni 2018.

The Rake mengisahkan tentang sebuah entitas, wabah yang disebut dengan the Rake. Wabah tersebut tak membutuhkan motif untuk menjangkiti dan menularkan kepada manusia. Rake (Frederick Ford Beckley) sendiri berbentuk seperti manusia berkepala monster yang memiliki dua tangan dengan ujung yang sangat lancip dan tajam. Bagian itulah yang digunakan Rake untuk menyebarkan wabah dan membunuh mangsanya. Dan bekas luka menjadi bukti transformasinya.

Kakak, Ben (Stephen Brodie), beradik, Ashley (Shenae Grimesh-Beech), bertemu kembali di rumah sepupu mereka, Nicole (Rachel Melvin) dan suaminya, Andrew (Joey Bicicchi), setelah 20 tahun terpisah setelah kematian kedua orangtua mereka.

Setelah pembunuhan yang dilakukan oleh Jacob Murphy (Joe Mullen) yang merupakan penyebar wabah Rake terhadap kedua orangtua Ashley dan Ben, mereka mengalami traumatik yang parah, terutama Ashley. Selama bertahun-tahun mereka harus melewati evaluasi kejiwaan.

Ketika akhirnya Ashley dan Ben bertemu, keadaan Ben sudah nampak baik-baik saja. Namun tidak dengan Ashley. Ia seperti selalu berhalusinasi dan merasakan keberadaan Rake dimanapun ia berada.
Parahnya, ia bahkan mengaborsi janinnya sendiri atas apa yang ia alami. Pada saat ia merasakan halusinasi tersebut, ia selalu melukai dirinya sendiri untuk menyadari bahwa ia sedang tidak berhalusinasi atau menjadi sadar. Oleh sebab itu, banyak bekas luka di hampir sebagian belakang tubuhnya.

Nicole sangat memaklumi perilaku Ashley yang nampak masih tak bersemangat dan berusaha memulihkan keadaan Ashley, namun tidak dengan Andrew. Andrew merasa bahwa Ashley sama sekali tak ingin dibantu dan aneh. Dan klimaksnya, malam dimana seharusnya menjadi perayaan atas kehamilan Nicole yang membahagiakan berubah menjadi malam pertumpahan darah.

Alur cerita The Rake maju. Jalan cerita The Rake bergerak sangat lambat menuju pada konflik yang ada dalam cerita ini. Sajian horor baru muncul di menit 52. Itu pun tak terlalu intens. Hanya pembunuhan-pembunuhan sadis tanpa ampun dengan berdarah-darah dan wujud yang sedikit menjijikkan yang dilakukan Rake.

Sejujurnya, saya tak menangkap poin-poin apa yang disajikan dalam film. Dari awal hingga akhir, cerita terasa "blur" bagi saya.

Nilai: 1.5/5

Comments

Popular posts from this blog

Ulasan Film: Sadak 2

Sadak 2 merupakan sekuel film India Sadak yang rilis tahun 1991 dibintangi oleh Sanjay Dutt. Ia pun kembali menjadi pemain utama di Sadak 2. Selain Sanjay Dutt, Sadak 2 dibintangi oleh Alia Bhatt dan Aditya Roy Kapur. Film yang menuai kontroversi sejak perilisan trailernya dengan dislike terbanyak sepanjang sejarah film India ini mengisahkan tentang seorang gadis, Aryaa Desai (Alia Bhatt), yang harus melakukan perjalanan ke Kailash demi memenuhi keinginan mendiang ibunya. Dengan menyewa jasa taksi yang sudah Aryaa pesan beberapa waktu sebelumnya yang mana pemiliknya adalah Ravi  Kishore (Sanjay Dutt). Bersama kekasihnya, Vishal Thakur (Aditya Roy Kapur), Aryaa menjalankan misinya yang pastinya tak mulus. Perebutan harta kekayaan dan kepercayaan agama dengan aliran tertentu adalah isu yang diangkat dalam film berdurasi selama dua jam enam belas menit ini. Hal itu dikuatkan dengan baris kalimat: Tak ada bisnis yang lebih besar daripada bisnis tuhan . Terlepas dari kontroversi film ini, d

Ulasan Film: Blok M (1990)

Blok M merupakan film drama remaja Indonesia tahun 1990. Film ini disutradarai oleh Eduard Pesta Sirait dan ditulis oleh Helmy Yahya yang juga menjadi salah satu pemain pendukung dalam film ini. Film Blok M dibintangi oleh Desy Ratnasari , Paramitha Rusady Nia Lavenia, Lenny Marlina, Chris Salam, Torro Margen, dan masih banyak lagi. Paramitha Rusady meraih nominasi sebagai Aktris Pendukung Terbaik pada ajang Festival Film Indonesia tahun 1990 atas perannya di film ini. Blok M mengisahkan tentang kehidupan remaja SMA Jakarta yang senang hang out dan menghabiskan waktu setelah sekolah di mall Blok M dan lintasan melawai. Lola (Desy Ratnasari), seorang remaja SMA yang memiliki genk bersama 3 temannya, Widya (Nia Lavenia), Uyun, dan Winda. Lola yang selalu kesepian karena kedua orangtuanya yang sibuk selalu menghabiskan waktunya di Blok M bersama genk-nya yang sangat kompak dan solid hanya untuk bersenang-senang. Berbeda dengan Lola, Cindy (Paramitha Rusady), yang juga teman satu

Ulasan Film: 10x10 (2018)

Film 10x10 merupakan film yang bergenre Thriller. Film ini disutradarai oleh Suzi Ewing dan ditulis oleh Noel Clarke yang juga pemain pendukung atau hanya sebagai cameo dalam film ini. 10x10 dibintangi oleh Luke Evans dan Kelly Reilly. Dari detik awal menonton 10x10, saya sudah dibuat penasaran oleh film ini. Seorang laki-laki, Lewis (Luke Evans), duduk di salah satu restoran menatap ke jendela memperhatikan seorang perempuan, Cathy (Kelly Reilly), yang sedang masuk ke salah satu toko lalu keluar dari toko tersebut dan masuk ke restoran dimana Lewis ada di dalamnya. Cathy tidak sadar bahwa seseorang sedang memperhatikannya. Bahkan ketika Luke melewati depan mejanya, ia masih tak sadar bahwa laki-laki itu sedang memperhatikannya. Setelah Cathy menghabiskan makanannya, ia keluar dari restoran menuju tempat fitnes. Sementara itu Lewis masih mengikuti gerak-geriknya dan membuntutinya. Lewis mulai beraksi ketika Cathy selesai melakukan yoga dan akan menaiki mobilnya. Dari bela