Skip to main content

Ulasan Film: The Mercy (2018)


The Mercy merupakan film drama biografi Inggris. Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata tentang Donald Crowhurst pelayar amatir yang mengikuti perlombaan yang diadakan oleh Sunday Times Golden Globe Race pada tahun 1968.

The Mercy disutradarai oleh James Marsh dan ditulis oleh Scott Z. Burns. Film ini dibintangi oleh dua aktor peraih Academy Awards, Colin Firth dan Rachel Weisz. The Mercy rilis di Inggris pada 9 Februari 2018.

The Mercy mengisahkan tentang seorang pelayar amatir, Donald Crowhurst (Colin Firth), yang memutuskan mengikuti perlombaan berlayar keliling dunia dalam waktu 6 bulan seorang diri dengan hadiah £5.000. Perlombaan tersebut diadakan oleh Sunday Times Golden Globe dalam rangka merayakan hari jadi perusahaan tersebut.

Perlombaan tersebut terinspirasi dari pengalaman pimpinan perusahaan tersebut, Francis Wichester, yang telah berkeliling dunia dengan menggunakan perahu layar.

Tanpa pengalaman melaut yang jauh dan berkompromi dengan sang istri, Clare Crowhurst (Rachel Weisz), Don sudah mengajukan pendaftaran untuk perlombaan tersebut. Clare tentunya keberatan dengan keputusan itu, karena Don akan meninggalkannya dan tiga anaknya selama 6 bulan. Namun dengan alasan bahwa ia akan menghadiahkan hadiah perlombaan itu untuknya, untuk menambah tabungan, memberi keuntungan pada perusahaan tempat dimana Don bekerja, dan untuk membuat bangga ketiga anak mereka pada ayahnya, akhirnya Clare tak bisa berbuat apa-apa selain mengikhlaskan kepergian suaminya.

Bukan hanya Don yang mengikuti perlombaan tersebut. Ada 3 orang yang juga berpartisipasi mengikuti lomba itu. Mereka adalah Robin Knox-Johnston, Françoise Moitessier, dan Nigel Tetley.

Pastinya apa yang akan dijalankan oleh Don tak akan mudah. Dari kapal yang belum tuntas pembuatan di dua hari sebelum keberangkatan, badai laut yang tak tahu kapan akan menerjang kapal Don, sampai keadaan hidup keluarganya yang mulai kekurangan uang dan biaya pendidikan ketiga anaknya.

Di hari ke-13, Don berhasil melewati North of Madeira Atlantic Ocean 72 mil, lalu Cape Horn, Diego Ramirez, hari ke-214 mencapai Lintang Kuda 320 mil Tenggara Bermuda. Ingatan-ingatan tentang istri dan tiga anak Don selalu melintas di pikirannya ketika ia merasa putus asa dengan perjalanan itu.

Dikabarkan bahwa salah satu partisipan, Françoise Moitessier, mengundurkan diri dari perlombaan tersebut. Sedangkan Robin Knox-Johnston jauh tertinggal. Sementara Nigel Tetley mengungguli perjalanan. Namun kesialan terjadi pada Tetley pada saat ia tahu bahwa Don akan mengejar posisinya.
Menyaksikan The Mercy yang diangkat dari kisah nyata, saya pikir saya mencoba menebak akhirnya seperti apa. Tapi ternyata tebakan salah. Dalam perjalanannya selama berbulan-bulan, Don mempelajari dan berpikir banyak hal, salah satunya adalah tentang makhluk kosmik yang tiba-tiba muncul dalam pikirannya ketika ia hampir mencapai jalan pulang.

Di ujung telepon, Don meninggalkan pesan pada Clare:
Clare, kupikir aku memainkan permainan ini dengan baik. Aku sudah berusaha. Tapi pada akhirnya aku dipaksa untuk mengakui jika alam sifat makhluk kosmik adalah satu-satunya dosa yang bisa mereka lakukan. Dosa yang disembunyikan. Sayang, aku satu-satunya orang di bumi ini yang apa artinya itu."
Donald Crowhurst menulis semua hal yang ia alami selama perjalanan. Dalam halusinasinya, Clare datang mengajaknya pulang. Namun Don menolaknya dengan mengatakan tak ada jalan kembali dan,
Aku tak bisa menulis cerita yang tak pernah aku alami."
Dan pada Juli 1969 di Republic Dominica, buku yang ditulis oleh Donald Crowhurst ditemukan di kapal yang bawanya. Di akhir halaman buku tertulis: This is finished. The mercy.

Di akhir cerita ditulis beberapa fakta tentang Donald Crowhurst dan keluarganya yang terjadi setelah pelayaran tersebut.

Nilai: 4.5/5


Comments

Popular posts from this blog

Ulasan Film: Sadak 2

Sadak 2 merupakan sekuel film India Sadak yang rilis tahun 1991 dibintangi oleh Sanjay Dutt. Ia pun kembali menjadi pemain utama di Sadak 2. Selain Sanjay Dutt, Sadak 2 dibintangi oleh Alia Bhatt dan Aditya Roy Kapur. Film yang menuai kontroversi sejak perilisan trailernya dengan dislike terbanyak sepanjang sejarah film India ini mengisahkan tentang seorang gadis, Aryaa Desai (Alia Bhatt), yang harus melakukan perjalanan ke Kailash demi memenuhi keinginan mendiang ibunya. Dengan menyewa jasa taksi yang sudah Aryaa pesan beberapa waktu sebelumnya yang mana pemiliknya adalah Ravi  Kishore (Sanjay Dutt). Bersama kekasihnya, Vishal Thakur (Aditya Roy Kapur), Aryaa menjalankan misinya yang pastinya tak mulus. Perebutan harta kekayaan dan kepercayaan agama dengan aliran tertentu adalah isu yang diangkat dalam film berdurasi selama dua jam enam belas menit ini. Hal itu dikuatkan dengan baris kalimat: Tak ada bisnis yang lebih besar daripada bisnis tuhan . Terlepas dari kontroversi film ini, d

Ulasan Film: Blok M (1990)

Blok M merupakan film drama remaja Indonesia tahun 1990. Film ini disutradarai oleh Eduard Pesta Sirait dan ditulis oleh Helmy Yahya yang juga menjadi salah satu pemain pendukung dalam film ini. Film Blok M dibintangi oleh Desy Ratnasari , Paramitha Rusady Nia Lavenia, Lenny Marlina, Chris Salam, Torro Margen, dan masih banyak lagi. Paramitha Rusady meraih nominasi sebagai Aktris Pendukung Terbaik pada ajang Festival Film Indonesia tahun 1990 atas perannya di film ini. Blok M mengisahkan tentang kehidupan remaja SMA Jakarta yang senang hang out dan menghabiskan waktu setelah sekolah di mall Blok M dan lintasan melawai. Lola (Desy Ratnasari), seorang remaja SMA yang memiliki genk bersama 3 temannya, Widya (Nia Lavenia), Uyun, dan Winda. Lola yang selalu kesepian karena kedua orangtuanya yang sibuk selalu menghabiskan waktunya di Blok M bersama genk-nya yang sangat kompak dan solid hanya untuk bersenang-senang. Berbeda dengan Lola, Cindy (Paramitha Rusady), yang juga teman satu

The Mentalist (2008-2015)

The Mentalist adalah judul TV Series polisi (detektif pembunuhan) Amerika yang tayang dari September 2008 sampai Februari 2015. Tayang dari Season 1 sampai season 7 dengan jumlah episode sebanyak 151. Tayang dari Season 1 sampai season 7 dengan jumlah episode sebanyak 151. Season 1 berisi 23 episode, season 2 berisi 23 episode, season 3 berisi 24 episode, season 4 berisi 24 episode, season 5 berisi 22 episode, season 6 berisi 22 episode, dan season 7 berisi 13 episode. The Mentalist adalah TV series drama misteri polisi Amerika. TV Series ini diciptakan oleh Bruno Heller yang juga menjadi Eksekutif Produser. Cerita The Mentalist ditulis oleh beberapa penulis yang berbeda (7 penulis), dan juga disutradarai oleh orang yang berbeda-beda (6 penulis), salah satunya disutradarai oleh pemain utama serial ini, Simon Baker. Aktor inti TV Series ini adalah: Simon Baker sebagai Patrick Jane (Konsultan) Robin Tunney sebagai Teresa Lisbon (Agen CBI/FBI) Tim Kang sebagai Kim