Skip to main content

Ulasan Film: Million Dollar Arm (2014)


Film Million Dollar Arm merupakan film bergenre drama biografi. Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata tentang dua anak muda pelempar baseball asal India; Rinku Singh dan Dinesh Patel yang ditemukan oleh agen olahraga Amerika, J.B Bernstein, setelah memenangkan kompetisi melempar bola baseball dengan poin yang ditentukan. Million Dollar Arm disutradarai oleh Craig Dillespie dan ditulis oleh Tom McCarthy. Film ini rilis di Amerika pada 16 May 2014.

Seorang agen olahraga, J.B Bernstein (Jon Hamm), yang hampir 3 tahun tak mendapatkan klien setelah semua kliennya pensiun atau habis masa kerja. Pada masa-masa itu perusahaannya diambang kebangkrutan. Bersama rekan kerja, Ash Vasudevan (Aasif Mandvi), dan asistennya, Theresa (Allyn Rachel), J.B hampir meyakinkan klien pemain sepakbola Popo Vanuatu (Rey Maualuga) namun gagal karena Popo meminta bayaran tunai di muka.

Ketika hampir putus asa, J.B dan Ash menonton sebuah acara olahraga di TV dan akhirnya terbersit untuk mencari bakat pelempar baseball terbaik di negara Asia. Dan tempat yang mereka pikir memiliki potensi tersebut adalah India.

Sesampainya di India, J.B dipandu oleh pemandu lokal, Vivek (Darshan Jariwala). Vivek memandu setiap kegiatan yang ingin J.B lakukan dengan prosedur-prosedur dan sistem yang ada di India. J.B membuat brosur-brosur yang bertuliskan "Million Dollar Arm"  yang disebar ke beberapa tempat di India.

Seorang laki-laki India yang sangat fanatik dengan olahraga baseball, Amit Rohan (Pitobash Tripathy), datang menemui J.B dan menawarkan diri untuk bekerja padanya. Awalnya J.B menolak meskipun Amit telah mengenalkan siapa dirinya. Selain karena J.B tak memiliki banyak anggaran untuk membayar seseorang, ia juga tak bisa menerima orang yang baru dikenalnya bekerja dengannya. Namun ketika Amit mengatakan,
I work for free."
J.B langsung menerimanya. 😅😀

Setelah melakukan beberapa audisi di beberapa kota dan pedesaan di India, akhirnya J.B menemukan 2 anak muda dengan pelempar bola baseball terbaik; Rinku Singh (Suraj Sharma) dan Dinesh Patel (Madhur Mittal). Usaha J.B belum selesai sampai di situ. Oleh sebab Rinku dan Dinesh bukan pemain baseball dan tak tahu apapun tentang permainan tersebut, maka J.B harus mencari pelatih untuk melatih mereka.

Alur cerita Million Dollar Arm maju. Dengan durasi sekitar 2 jam dan konflik yang tidak terlalu "tajam" membuat film ini sedikit membosankan. Bagian ceritanya lebih banyak menyajikan tentang deal with something or someone daripada menunjukkan bakat atau pun pelatihan yang dilakukan oleh Rinku dan Dinesh. Tipikal jalan dan ide cerita seperti ini tentunya mudah ditebak akhir ceritanya.

Dalam cerita Million Dollar Arm, saya sangat menyukai karakter Amit. Dengan postur tubuhnya yang kecil dan pembawaannya yang lucu, ceria, tangkas, dan semangat, ia berhasil membuat mimpinya menjadi pelatih baseball menjadi nyata. Ia berhasil meyakinkan Rinku dan Dinesh untuk memberikan performa terbaik di akhir cerita ini. Dengan kerjanya yang tangkas, Amit membuat saya terkikik ketika ia harus menjadi penerjemah antara Rinku, Dinesh dan J.B. Ia juga harus mengajarkan Rinku dan Dinesh bahasa Inggris. Amit hanya penggemar berat olahraga baseball. Pekerjaan sehari-harinya adalah seorang pengajar bahasa Inggis di sekolah.

Hampir sama seperti film-film Amerika lainnya yang menggunakan lokasi syuting di India, film ini juga menampilkan ke-khas-an kota dan pedesaan, kegiatan sehari-hari, kebudayaan, dan agama India.

Di akhir cerita tertulis, bahwa Rinku Singh dan Dinesh adalah atlit India pertama yang dikontrak oleh Klub Liga Utama Amerika. Pada tahun film ini ditayangkan, J.B Bernstein masih menjalankan
Million Dollar Arm-nya yang terakhir.

Melihat wajah pemeran J.B Bernstein yang dimainkan oleh Jon Hamm, saya merasa wajahnya familiar. Ternyata ia bermain di  Nostalgia (2018) yang mana ceritanya juga diangkat berdasarkan kisah nyata.

Nilai: 3.7/5

Comments

Popular posts from this blog

Ulasan Film: Sadak 2

Sadak 2 merupakan sekuel film India Sadak yang rilis tahun 1991 dibintangi oleh Sanjay Dutt. Ia pun kembali menjadi pemain utama di Sadak 2. Selain Sanjay Dutt, Sadak 2 dibintangi oleh Alia Bhatt dan Aditya Roy Kapur. Film yang menuai kontroversi sejak perilisan trailernya dengan dislike terbanyak sepanjang sejarah film India ini mengisahkan tentang seorang gadis, Aryaa Desai (Alia Bhatt), yang harus melakukan perjalanan ke Kailash demi memenuhi keinginan mendiang ibunya. Dengan menyewa jasa taksi yang sudah Aryaa pesan beberapa waktu sebelumnya yang mana pemiliknya adalah Ravi  Kishore (Sanjay Dutt). Bersama kekasihnya, Vishal Thakur (Aditya Roy Kapur), Aryaa menjalankan misinya yang pastinya tak mulus. Perebutan harta kekayaan dan kepercayaan agama dengan aliran tertentu adalah isu yang diangkat dalam film berdurasi selama dua jam enam belas menit ini. Hal itu dikuatkan dengan baris kalimat: Tak ada bisnis yang lebih besar daripada bisnis tuhan . Terlepas dari kontroversi film ini, d

Ulasan Film: Blok M (1990)

Blok M merupakan film drama remaja Indonesia tahun 1990. Film ini disutradarai oleh Eduard Pesta Sirait dan ditulis oleh Helmy Yahya yang juga menjadi salah satu pemain pendukung dalam film ini. Film Blok M dibintangi oleh Desy Ratnasari , Paramitha Rusady Nia Lavenia, Lenny Marlina, Chris Salam, Torro Margen, dan masih banyak lagi. Paramitha Rusady meraih nominasi sebagai Aktris Pendukung Terbaik pada ajang Festival Film Indonesia tahun 1990 atas perannya di film ini. Blok M mengisahkan tentang kehidupan remaja SMA Jakarta yang senang hang out dan menghabiskan waktu setelah sekolah di mall Blok M dan lintasan melawai. Lola (Desy Ratnasari), seorang remaja SMA yang memiliki genk bersama 3 temannya, Widya (Nia Lavenia), Uyun, dan Winda. Lola yang selalu kesepian karena kedua orangtuanya yang sibuk selalu menghabiskan waktunya di Blok M bersama genk-nya yang sangat kompak dan solid hanya untuk bersenang-senang. Berbeda dengan Lola, Cindy (Paramitha Rusady), yang juga teman satu

The Mentalist (2008-2015)

The Mentalist adalah judul TV Series polisi (detektif pembunuhan) Amerika yang tayang dari September 2008 sampai Februari 2015. Tayang dari Season 1 sampai season 7 dengan jumlah episode sebanyak 151. Tayang dari Season 1 sampai season 7 dengan jumlah episode sebanyak 151. Season 1 berisi 23 episode, season 2 berisi 23 episode, season 3 berisi 24 episode, season 4 berisi 24 episode, season 5 berisi 22 episode, season 6 berisi 22 episode, dan season 7 berisi 13 episode. The Mentalist adalah TV series drama misteri polisi Amerika. TV Series ini diciptakan oleh Bruno Heller yang juga menjadi Eksekutif Produser. Cerita The Mentalist ditulis oleh beberapa penulis yang berbeda (7 penulis), dan juga disutradarai oleh orang yang berbeda-beda (6 penulis), salah satunya disutradarai oleh pemain utama serial ini, Simon Baker. Aktor inti TV Series ini adalah: Simon Baker sebagai Patrick Jane (Konsultan) Robin Tunney sebagai Teresa Lisbon (Agen CBI/FBI) Tim Kang sebagai Kim