Skip to main content

Ulasan Film: Aliens Ate My Homework (2018)


Aliens Ate My Homework merupakan film keluarga, komedi, fiksi ilmiah Amerika. Film ini diangkat dari novel seri pertama yang ditulis oleh Bruce Coville dengan judul Rod Allbright and The Galactic Patrol. Alien Ate My Homework rilis pada 6 Maret 2018. Film ini disutradarai oleh Sean McNamara (yang juga bermain dalam film ini), dan ditulis oleh Garfield Reeves-Stevens dan Judith Reeves-Stevens.

Aliens Ate My Homework mengisahkan seorang anak laki-laki 12 tahun, Rod Allbright (Jayden Greg), yang sedang mengerjakan tugas sains "kedatangan tamu" kecil; Kapten Grakker (Dan Payne) dan Madam Pong (Tristan Risk). Mereka adalah para alien dengan bentuk tubuh seperti mainan anak-anak yang datang ke bumi untuk mencegah bencana yang akan terjadi di bumi. Rod tinggal bersama ayah, ibu Gwen Allbright (Kirsten Robek), 2 adiknya; Eric Allbright (Christian Convery) dan Linda Allbright (Carmella Nossa Guizzo), dan sepupunya, Elspeth McMasters (Lauren McNamara), yang tinggal sementara di rumahnya. Namun entah karena alasan apa, ayahnya pergi meninggalkan rumah pada saat halilintar menggelegar pada malam hari.

Kedatangan para alien ke rumah Rod tak boleh ada satu orang pun mengetahui tentang keberadaannya selain dua adik Rod, Eric dan Linda. Namun Elspeth yang agak rese dan usil, mencurigai bahwa Rod sedang menyembunyikan sesuatu. Dan kecurigaannya terbukti. Ia menemukan keberadaan alien tersebut.

Rod dan Elspeth adalah saudara sepupu yang tak terlalu akur. Itu disebabkan oleh karakter Elspeth yang sedikit menyebalkan dan manja. Namun ada alasan yang membuat Eslpeth bersikap seperti demikian, karena hubungan kedua orangtuanya yang tak baik. Pada saat melihat foto keluarga Rod, kepada Gwen, ia mengatakan:
Adults have a lot of secrets. My mom dan dad, they think that I don't know what's going on, but I do. (Orang dewasa memiliki banyak rahasia. Ibu dan ayahku, mereka pikir aku tak tahu apa yang sedang terjadi, tapi aku tahu). "
Namun keberadaan para alien itu justru membuat Rod dan Elspeth menjadi akur. Mereka membantu misi yang harus mereka lakukan oleh para alien.

Cerita Alien Ate My Homework bagus dan baik untuk referensi tontonan anak-anak. Dari menit awal film ini sudah nampak sangat sains dan kreatif pada saat ayah Rod bercerita dengan media benda-benda yang dibentuk semirip mungkin seperti benda langit, juga projek-projek sains yang dilakukan oleh sahabat Rod, Mickey (Sean Quan).

Hampir sepanjang film, cerita Aliens Ate My Homework menyajikan materi, teori, dan praktek tentang sains. Sejatinya semua itu adalah sesuatu yang baik disajikan untuk anak-anak. Akan tetapi sayangnya cerita ini tak memasukkan unsur aksi lucu atau sedikit menegangkan khas anak-anak.

Jadi, bagi saya, cerita film ini sedikit membosankan dan terlalu serius. Namun terlepas dari alasan di atas, secara keseluruhan film ini bagus dan baik untuk ditonton oleh anak-anak.

Nilai: 3.8/5

Comments

Popular posts from this blog

Ulasan Film: Sadak 2

Sadak 2 merupakan sekuel film India Sadak yang rilis tahun 1991 dibintangi oleh Sanjay Dutt. Ia pun kembali menjadi pemain utama di Sadak 2. Selain Sanjay Dutt, Sadak 2 dibintangi oleh Alia Bhatt dan Aditya Roy Kapur. Film yang menuai kontroversi sejak perilisan trailernya dengan dislike terbanyak sepanjang sejarah film India ini mengisahkan tentang seorang gadis, Aryaa Desai (Alia Bhatt), yang harus melakukan perjalanan ke Kailash demi memenuhi keinginan mendiang ibunya. Dengan menyewa jasa taksi yang sudah Aryaa pesan beberapa waktu sebelumnya yang mana pemiliknya adalah Ravi  Kishore (Sanjay Dutt). Bersama kekasihnya, Vishal Thakur (Aditya Roy Kapur), Aryaa menjalankan misinya yang pastinya tak mulus. Perebutan harta kekayaan dan kepercayaan agama dengan aliran tertentu adalah isu yang diangkat dalam film berdurasi selama dua jam enam belas menit ini. Hal itu dikuatkan dengan baris kalimat: Tak ada bisnis yang lebih besar daripada bisnis tuhan . Terlepas dari kontroversi film ini, d

Ulasan Film: Blok M (1990)

Blok M merupakan film drama remaja Indonesia tahun 1990. Film ini disutradarai oleh Eduard Pesta Sirait dan ditulis oleh Helmy Yahya yang juga menjadi salah satu pemain pendukung dalam film ini. Film Blok M dibintangi oleh Desy Ratnasari , Paramitha Rusady Nia Lavenia, Lenny Marlina, Chris Salam, Torro Margen, dan masih banyak lagi. Paramitha Rusady meraih nominasi sebagai Aktris Pendukung Terbaik pada ajang Festival Film Indonesia tahun 1990 atas perannya di film ini. Blok M mengisahkan tentang kehidupan remaja SMA Jakarta yang senang hang out dan menghabiskan waktu setelah sekolah di mall Blok M dan lintasan melawai. Lola (Desy Ratnasari), seorang remaja SMA yang memiliki genk bersama 3 temannya, Widya (Nia Lavenia), Uyun, dan Winda. Lola yang selalu kesepian karena kedua orangtuanya yang sibuk selalu menghabiskan waktunya di Blok M bersama genk-nya yang sangat kompak dan solid hanya untuk bersenang-senang. Berbeda dengan Lola, Cindy (Paramitha Rusady), yang juga teman satu

The Mentalist (2008-2015)

The Mentalist adalah judul TV Series polisi (detektif pembunuhan) Amerika yang tayang dari September 2008 sampai Februari 2015. Tayang dari Season 1 sampai season 7 dengan jumlah episode sebanyak 151. Tayang dari Season 1 sampai season 7 dengan jumlah episode sebanyak 151. Season 1 berisi 23 episode, season 2 berisi 23 episode, season 3 berisi 24 episode, season 4 berisi 24 episode, season 5 berisi 22 episode, season 6 berisi 22 episode, dan season 7 berisi 13 episode. The Mentalist adalah TV series drama misteri polisi Amerika. TV Series ini diciptakan oleh Bruno Heller yang juga menjadi Eksekutif Produser. Cerita The Mentalist ditulis oleh beberapa penulis yang berbeda (7 penulis), dan juga disutradarai oleh orang yang berbeda-beda (6 penulis), salah satunya disutradarai oleh pemain utama serial ini, Simon Baker. Aktor inti TV Series ini adalah: Simon Baker sebagai Patrick Jane (Konsultan) Robin Tunney sebagai Teresa Lisbon (Agen CBI/FBI) Tim Kang sebagai Kim