Skip to main content

Ulasan Film: Bhaagamathie (2018)


 
Bhaagamathie merupakan film horor India. Film ini rilis pada 26 Januari 2018. Bhaagamathie disutradarai dan ditulis oleh G. Ashok. Film ini dibintangi oleh Anushka Shetty, Jayaram, Asha Sarath, Unni Mukundan, Murali Sharma, dan masih banyak lagi.

Bhaagamathie mengisahkan tentang gejolak politik dan pemerintahan yang melibatkan polisi CBI Vaishnavi Natarajan (Asha Sarath) untuk mengungkapkan politik-politik kotor yang dilakukan oleh Eshwar Prasad (Jayaram) selama menjadi menteri kemudian mengundurkan diri dan karir politiknya diwariskan kepada Ajay (Ravi Raja Muguluri).

Sulit bagi Vaishnavi mengungkapkan kebobrokan Eshwar Prasad karena ia selalu nampak tanpa cacat, sangat baik, dan santun di hadapan masyarakat atau rakyat. Dan satu-satunya orang yang mengetahui banyak tentang Eshwar Prasad adalah Chanchala (Anushka Shetty). Chanchala adalah asisten Eshwar Prasad yang sudah bekerja dengannya selama 2 periode dan sedang berada di tahanan karena telah membunuh tunangannya, Shakti (Unni Mukundan).

Untuk menghilangkan kecurigaan orang-orang, Vaishnavi meminta kakak Shakti, Sampath (Murali Sharma) yang juga bekerja di kepolisian membawa Chanchala keluar tahanan dan memindahkannya ke Bungalow Bhaagatamathie yang saagat besar dan disebut-sebut berhantu.

Di salah satu ruangan Bungalow tersebut, Vaishnavi melakukan interogasi kepada Chanchala untuk mengorek keburukan-keburukan dan segala cara politik "kotor" yang dilakuka oleh Eshwar Prasad. Namun Chanchala tak berbicara sedikitpun tentang keburukan Eshwar Prasad meskipun Vaishnavi nampak tahu banyak hal tentang sepak terjang Eshwar Prasad. Bahkan ketika Vaishnavi bernegosiasi untuk mengeluarkan Chanchala dari penjara, Chanchala tetap pada pendiriannya. Ia malah mengatakan:
Bukan keluar dengan mengatakan kebohongan, aku lebih suka dipenjara karena kebenaran."
Kau tidak bisa menerima fakta-fakta yang kukatakan tentang dia karena upayamu menunjukkan dia kotor. Karena kau melihatku sebagai pengikutnya."
Malam pertama berada di Bungalow, Chanchala mengalami gangguan-gangguan hantu. Ia berteriak minta tolong kepada 2 penjaga; Subba Reddy (Prabhas Sreenu) dan Lingamurthy (Dhanraj), yang ditugaskan menjaga Chanchala di pos luar bungalow tersebut. Chanchala meminta tolong untuk membukakan pintu, namun mereka berdua tak diizinkan oleh Sampath untuk membuka pintu tersebut. Begitu pula dengan malam selanjutnya. 2 penjaga tersebut mendapati Chanchala berubah menjadi Bhaagamatie.

Setelah Vaishnavi dan Sampath melihat kejadian malam itu melalui kamera CCTV, mereka mendatangkan seorang dokter spesialis untuk melihat keadaan psikologi Chanchala. Dalam investigasi yang dilakukan oleh sang dokter, Chanchala tiba-tiba berubah menjadi Bhaagamatie. Ia mengatakan bahwa Bhaagamathie adalah seorang ratu dari dinasti Kalangi. Ia tewas karena dibakar oleh rakyatnya. Menilai dari eksrpesi, bahasa dan gerak tubuh Chanchala, sang dokter memastikan bahwa Chanchala tidak mengalami gangguan karena makhluk tak kasat mata yang berada di bungalow itu, melainkan ia mengatakan bahwa Chanchala mengalami gangguan Skizofrenia.

Usaha Vaishnavi dan Sampath selanjutnya adalah membawa "orang pintar" ke bungalow tersebut untuk mencari tahu semua yang terjadi pada Chanchala. Roh Bhaagamathie yang merasuki Chanchala semakin menjadi-jadi dan sangat menyeramkan. Ia memaku telapak tangannya ke tembok. Oleh karena peristiwa tersebut, Chanchala dianggap gila dan dimasukkan ke dalam rumah sakit jiwa.
Mendengar berita bahwa Chanchala dimasukkan ke rumah sakit jiwa, Eshwar Prasad langsung mendatangi rumah sakit tersebut dan nampak marah pada pihak kepolisian.

Alur cerita Bhaagamathie maju mundur. Meskipun cerita ini bergenre horor, namun tak ada penampakan hantu yang menyeramkan. Hal yang menyeramkan hanya benda-benda yang bergerak sendiri dan backsound musiknya.

Akhir cerita Bhaagmathie sangat mengejutkan dan dikecohkan oleh karakter Eshwar Prasad yang dari awal cerita menunjukkan sikap yang baik dan santun dan karakter Bhaagamathie

Salah satu baris dialog menarik bagi saya adalah racauan Chanchala yang kata kiasan:
Semua  burung datang bersama dan terbang membawa jaring keluar dari pemburu. Mereka mengambilnya. Pemburu bersembunyi menunggu burung-burung dengan jebakan."
Pemburu memasang jebakan untuk ketua menteri. Semua burung yang datang melarikan diri dari mata pemburu, terbang dengan rencananya."


Hampir setiap film india menyajikan nyanyian dan tarian. Namun di film bergenre horor ini hanya ada satu nyanyian yang ditampilkan di awal cerita Bhaagamathie.

Nilai: 5/5

Comments

Popular posts from this blog

Ulasan Film: Sadak 2

Sadak 2 merupakan sekuel film India Sadak yang rilis tahun 1991 dibintangi oleh Sanjay Dutt. Ia pun kembali menjadi pemain utama di Sadak 2. Selain Sanjay Dutt, Sadak 2 dibintangi oleh Alia Bhatt dan Aditya Roy Kapur. Film yang menuai kontroversi sejak perilisan trailernya dengan dislike terbanyak sepanjang sejarah film India ini mengisahkan tentang seorang gadis, Aryaa Desai (Alia Bhatt), yang harus melakukan perjalanan ke Kailash demi memenuhi keinginan mendiang ibunya. Dengan menyewa jasa taksi yang sudah Aryaa pesan beberapa waktu sebelumnya yang mana pemiliknya adalah Ravi  Kishore (Sanjay Dutt). Bersama kekasihnya, Vishal Thakur (Aditya Roy Kapur), Aryaa menjalankan misinya yang pastinya tak mulus. Perebutan harta kekayaan dan kepercayaan agama dengan aliran tertentu adalah isu yang diangkat dalam film berdurasi selama dua jam enam belas menit ini. Hal itu dikuatkan dengan baris kalimat: Tak ada bisnis yang lebih besar daripada bisnis tuhan . Terlepas dari kontroversi film ini, d

Ulasan Film: Blok M (1990)

Blok M merupakan film drama remaja Indonesia tahun 1990. Film ini disutradarai oleh Eduard Pesta Sirait dan ditulis oleh Helmy Yahya yang juga menjadi salah satu pemain pendukung dalam film ini. Film Blok M dibintangi oleh Desy Ratnasari , Paramitha Rusady Nia Lavenia, Lenny Marlina, Chris Salam, Torro Margen, dan masih banyak lagi. Paramitha Rusady meraih nominasi sebagai Aktris Pendukung Terbaik pada ajang Festival Film Indonesia tahun 1990 atas perannya di film ini. Blok M mengisahkan tentang kehidupan remaja SMA Jakarta yang senang hang out dan menghabiskan waktu setelah sekolah di mall Blok M dan lintasan melawai. Lola (Desy Ratnasari), seorang remaja SMA yang memiliki genk bersama 3 temannya, Widya (Nia Lavenia), Uyun, dan Winda. Lola yang selalu kesepian karena kedua orangtuanya yang sibuk selalu menghabiskan waktunya di Blok M bersama genk-nya yang sangat kompak dan solid hanya untuk bersenang-senang. Berbeda dengan Lola, Cindy (Paramitha Rusady), yang juga teman satu

The Mentalist (2008-2015)

The Mentalist adalah judul TV Series polisi (detektif pembunuhan) Amerika yang tayang dari September 2008 sampai Februari 2015. Tayang dari Season 1 sampai season 7 dengan jumlah episode sebanyak 151. Tayang dari Season 1 sampai season 7 dengan jumlah episode sebanyak 151. Season 1 berisi 23 episode, season 2 berisi 23 episode, season 3 berisi 24 episode, season 4 berisi 24 episode, season 5 berisi 22 episode, season 6 berisi 22 episode, dan season 7 berisi 13 episode. The Mentalist adalah TV series drama misteri polisi Amerika. TV Series ini diciptakan oleh Bruno Heller yang juga menjadi Eksekutif Produser. Cerita The Mentalist ditulis oleh beberapa penulis yang berbeda (7 penulis), dan juga disutradarai oleh orang yang berbeda-beda (6 penulis), salah satunya disutradarai oleh pemain utama serial ini, Simon Baker. Aktor inti TV Series ini adalah: Simon Baker sebagai Patrick Jane (Konsultan) Robin Tunney sebagai Teresa Lisbon (Agen CBI/FBI) Tim Kang sebagai Kim