Skip to main content

Ulasan Film: Dear Dictator (2018)



Dear Dictator merupakan film bergenre komedi satir. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Lisa Addario dan Joe Syracuse. Karakter utama dalam film ini adalah Michael Caine, Katie Holmes, dan Odeya Rush.

Dear Dictator menceritkan tentang gadis remaja Amerika pemberontak, Tatiana Louise Miles (Odeya Rush). Ia hidup dengan ibunya, Darlene Miles (Katie Holmes) yang bekerja sebagai asisten dokter gigi. Tatiana sangat mengidolakan seorang diktator negara kepulauan yang terkenal yang bernama Anton Vincent (Michael Caine). Saking menyukai diktator tersebut, Tatiana memakai pakaian yang bergaya seperti Anton. Setiap hari ia berkirim surat dan Anton Vincent selalu membalasnya.
Sampai suatu ketika, Anton melarikan diri dari negaranya dan lari ke rumah Tatiana. Reaksi mereka nampak biasa saja pada saat baru pertama kali bertatap muka,
Anton: "You're smaller than I imagine."
Tatiana: "You're older."
Selama berada di rumah Tatiana, Anton mengajarkan hal-hal tentang politik, menjadi pemberontak yang benar, dan menjadi revolusioner. Berkat kata-kata Anton, Tatiana berhasil melaksanakan kudeta-nya yang ia lakukan pada 3 temannya yang selalu usil padanya. Ia menulisnya di buku catatannya:
Coup de Tatiana:
  1. Take out leader
  2. Foment Unrest
  3. Assume Authority
In your world. You have power." -Anton Vincent-
Awalnya hubungan Tatiana dan Anton berjalan lancar, namun terakhir Tatiana membenci Anton karena ia dengan sengaja mengirimkan video yang ia simpan untuk dirinya sendiri. Video tersebut sengaja Anton kirim kepada teman-temannya. Tatiana sangat marah, bahkan ia mengatakan bahwa Anton adalah seorang penipu. Lalu Anton membalas dengan tenang,"
Penipu adalah orang yang berpura-pura jadi orang lain. Aku apa adanya. Orang dengan masa lalu dan jelas orang dengan masa depan."
Alur cerita Dear Dictator maju. Ide ceritanya standar seperti cerita dunia remaja pada umumnnya tapi sedikit menghibur karena film ini bergenre komedi satir. Dalam beberapa dialog antara Tatiana dan Anton Vincent, Anton selalu menyindir isu tentang kehidupan Amerika, seperti sistem pendidikan dan pola hidup.

Katie Holmes dan Odeya Rush yang saya lihat di The Giver (2014)  berakting sangat kalem, di film ini mereka berakting lucu, bahkan Katie Holmes sangat lucu dan konyol. Dalam film ini, Katie Holmes berperan sebagai ibu yang sangat genit pada setiap laki-laki yang ia temui dan sangat jatuh cinta pada rekan kerjanya, Dr. Charles Seaver (Seth Green) yang sudah beranak dan beristri.
Beberapa kata kutipan menarik yang dikatakan oleh Anton Vincent:
Hati Nurani menjadikan kita semua pengecut. (Hamlet)"
Itu lebih baik seseorang kehilangan kepalanya daripada negara yang kalah perang."
Aku terikat di tiang pancang, tapi aku tetap dengan tujuanku. (King Lear)."
Rebel, you found your voice."
Nilai: 2.8/5

Comments

Popular posts from this blog

Ulasan Film: Sadak 2

Sadak 2 merupakan sekuel film India Sadak yang rilis tahun 1991 dibintangi oleh Sanjay Dutt. Ia pun kembali menjadi pemain utama di Sadak 2. Selain Sanjay Dutt, Sadak 2 dibintangi oleh Alia Bhatt dan Aditya Roy Kapur. Film yang menuai kontroversi sejak perilisan trailernya dengan dislike terbanyak sepanjang sejarah film India ini mengisahkan tentang seorang gadis, Aryaa Desai (Alia Bhatt), yang harus melakukan perjalanan ke Kailash demi memenuhi keinginan mendiang ibunya. Dengan menyewa jasa taksi yang sudah Aryaa pesan beberapa waktu sebelumnya yang mana pemiliknya adalah Ravi  Kishore (Sanjay Dutt). Bersama kekasihnya, Vishal Thakur (Aditya Roy Kapur), Aryaa menjalankan misinya yang pastinya tak mulus. Perebutan harta kekayaan dan kepercayaan agama dengan aliran tertentu adalah isu yang diangkat dalam film berdurasi selama dua jam enam belas menit ini. Hal itu dikuatkan dengan baris kalimat: Tak ada bisnis yang lebih besar daripada bisnis tuhan . Terlepas dari kontroversi film ini, d

Ulasan Film: Blok M (1990)

Blok M merupakan film drama remaja Indonesia tahun 1990. Film ini disutradarai oleh Eduard Pesta Sirait dan ditulis oleh Helmy Yahya yang juga menjadi salah satu pemain pendukung dalam film ini. Film Blok M dibintangi oleh Desy Ratnasari , Paramitha Rusady Nia Lavenia, Lenny Marlina, Chris Salam, Torro Margen, dan masih banyak lagi. Paramitha Rusady meraih nominasi sebagai Aktris Pendukung Terbaik pada ajang Festival Film Indonesia tahun 1990 atas perannya di film ini. Blok M mengisahkan tentang kehidupan remaja SMA Jakarta yang senang hang out dan menghabiskan waktu setelah sekolah di mall Blok M dan lintasan melawai. Lola (Desy Ratnasari), seorang remaja SMA yang memiliki genk bersama 3 temannya, Widya (Nia Lavenia), Uyun, dan Winda. Lola yang selalu kesepian karena kedua orangtuanya yang sibuk selalu menghabiskan waktunya di Blok M bersama genk-nya yang sangat kompak dan solid hanya untuk bersenang-senang. Berbeda dengan Lola, Cindy (Paramitha Rusady), yang juga teman satu

The Mentalist (2008-2015)

The Mentalist adalah judul TV Series polisi (detektif pembunuhan) Amerika yang tayang dari September 2008 sampai Februari 2015. Tayang dari Season 1 sampai season 7 dengan jumlah episode sebanyak 151. Tayang dari Season 1 sampai season 7 dengan jumlah episode sebanyak 151. Season 1 berisi 23 episode, season 2 berisi 23 episode, season 3 berisi 24 episode, season 4 berisi 24 episode, season 5 berisi 22 episode, season 6 berisi 22 episode, dan season 7 berisi 13 episode. The Mentalist adalah TV series drama misteri polisi Amerika. TV Series ini diciptakan oleh Bruno Heller yang juga menjadi Eksekutif Produser. Cerita The Mentalist ditulis oleh beberapa penulis yang berbeda (7 penulis), dan juga disutradarai oleh orang yang berbeda-beda (6 penulis), salah satunya disutradarai oleh pemain utama serial ini, Simon Baker. Aktor inti TV Series ini adalah: Simon Baker sebagai Patrick Jane (Konsultan) Robin Tunney sebagai Teresa Lisbon (Agen CBI/FBI) Tim Kang sebagai Kim